MERAWAT BAYI KUCING

Paling baik adalah membiarkan kitten diasuh dan disusui oleh induknya, karena air susu dari induk kucing sangat penting untuk membentuk antibody bagi kitten, namun adakalanya induk kucing tidak mau merawat anaknya. Pemberian susu pengganti harus dilakukan dan tidak boleh menggunakan sembarang susu. Paling utama, syarat susu pengganti tidak mengandung laktosa. Pemberian susu dilakukan dalam periode yang sering, antara 2 sd 3 jam sekali.

Anak kucing yang masih rentan tidak boleh sering dipegang, paling tidak hingga berumur 2 minggu. kalau harus terpaksa memegangnya, lakukan dengan hati-hati.

Kitten juga belum perlu dimandikan, perubahan suhu dan kelembaban mendadak dapat menyebabkan masalah serius, jadi kalau kotor cukup lakukan mandi kering dengan bedak.

Sediakan tempat yang nyaman, hangat, kering dan bersih. Kondisi tubuhnya masih rentan terhadap penyakit semacam jamur, jadi gantilah alas kandang setiap hari.

Suhu tubuh kitten juga belum terkontrol dengan baik, tambahkan kehangatan pada kandang dengan memasang bola lampu 25 watt.

Pada usia sebulan, kitten mulai mencoba memakan makanan induknya, jadi sudah saat mengenalkan pakan sesuai dengan kebutuhannya.

Pada usia 1,5 sd 2 bln mulai dapat dikenalkan dengan kucing yang lain, atau diajak bermain-main. pada usia 2 bulan kitten mulai dapat disapih, namun harus dipastikan sudah dapat makan sendiri. Jika intensitas menyusui pada induknya, kitten mulai rentan terhadap penyakit, dikarenakan imunitas yang berasal dari induknya berangsur-angsur berkurang. Saatnya pemberian obat cacing dan vaksin kepada kitten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar